About Us | Contact | Disclaimer | Privacy Policy | Sitemap

Tips dan Cara Meningkatkan Daya Ingat

Tips dan Cara Meningkatkan Daya Ingat | Memiliki daya ingat yang tajam merupakan salah satu dambaan bagi sebagian pelajar atau semua pelajar , tidak hanya pelajar mungkin oraong dewasa seperti mahasiswa dan pegawai kantoran pun sangat menginginkannya, betapa tidak daripada kita mempunyai penyakit pelupa ya lebih baik memiliki daya ingatan yang tinggi.

Dengan begitu banyak orang tua atau anak yang mengusahakan bagaimana caranya memiliki daya ingat yang tinggi, karena ini akan menjadi faktor penting dalam kita belajar dan menangkap suatu yang baru, sehingga kita akan selalu ingat minimal ika cepat ingat apa yang diserap otak pertama kali, tetapi terkadang kita mempunyai masalah dalam hal ini, kita sering lupa , seperti contoh kecil saja kita lupa menaruh barang yang baru saja kita pegang, ini ciri-ciri daya ingat anda yang lemah.

Cara meningkatkan Daya Ingat

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Ada beberapa faktor kenapa dan bagaimana daya ingat anda bisa turun atau daya ingat anda lemah, salah satunya karena tingkat fikiran anda yang selalu stres, otak anda terlalu memikirkan suatu masalah hingga dalam dan berat hal ini tentunya akan mempengaruhi sistem ingatan anda, jika anda mempunyai masalah sebaiknya difikirkan solusinya saja jangan sampai membuat anda pusing tujuh keliling, dan termasuk faktor lainnya adalah : 

Kebanyakan Tidur
Jika anda memiliki kebiasaan tidur, apalagi tidur dipagihari... sebaiknya hindari hal ini karena tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga termasuk otak anda, karena udara pagi yang sejuk bisa membuat otak anda menjdaih lebih fresh, dan juga hindari tidur menjelang sore seperti jam 5 sore, ini akan membuat anda ling lung. Loh Kok? sekarang saya tanya anda pernah tidur jam 5 sore, lalu bangun-bangun jam setengah 8, lalu anda langsung kaget dan bergegas mengambil perlengkapan sekolah/kuliah/kerja dan setelah anda keluar anda baru sadar itu adalah jam setengah 8 malam? pernah mengalaminya? jika pernah jangan pernah diulangi lagi karena ini bisa membuat orang menjadi ling lung dan lebih parah lagi menjadi gila.

Anda memiliki penyakit Diabetes
Memang jarang sekali dari kita memiliki penyakit ini kecuali dari keturunan, tetapi juga tidak semuanya begitu, kenapa? karena polah hidup kita juga mempengaruhi tubuh kita memiliki penyakit yang satu ini, dan ini ada hubungannya dengan sistem ingatan anda, jika anda memiliki penyakit diabetes, kemungkinan besar sistem imun pada tubuh anda akan turun dan gizi yang diserap pada tubuh tidak maksimal sehingga nutrisi yang ada pada makanan tidak akan sampai.

Kekurangan Vitamin B12
Kurangnnya Vitamin B12 tentunya sangat berpengaruh sekali pada otak, vitamin ini ditemukan pada Ikan, sayur dan telur dan tetnunya masih banyak lagi, nah oleh sebab itu anda diharapkan untuk selalu mengkonsumsi makanan makanan sehat yang mengandung vitamin B12.

Setelah mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi turunnya daya ingatan anda, ada baiknya anda tau bagaimana cara meninggkatan daya ingatan anda kembali, caranya seperti berikut ini:


Tetap Belajar
Jika anda memiliki daya ingat yang kurang baik sebaiknya anda rajin rajin belajar, membaca buku atau hanya sekedar mencari informasi yang terdapat pada buku itu, belajar juga tidak usah dipaksakan tetapi bisa dilakukan ketika anda menginginkannya, dengan belajar juga anda sudah melatih otak agar selalu bekerja.

Eksplorasi Kebiasaan Baru
Setiap manusia pastinya memiliki kebiasaan kebiasaan yang berbeda-beda, misalkan anda tadinnya hanya memiliki kebiasaan membaca cerita novel nah mungkin anda bisa ganti dengan membaca buku sejarah, karena ini akan lebih baik, disamping itu buku sejarah juga banyak cerita didalamnya.

Bermain Game Edukasi
Punya Smartphone buat apa? laptop buat apa? nah ini kesempatan bagi anda, selain anda bisa mencari informasi di dunia internet, anda juga bisa gunakan alat-alat canggih tersebut untuk melatih daya ingat anda dengan bermain game, tentunya game edukasi loh ya.. bukan game seperti metal slug, harvest moon dan lain lain.

Jangan Lupa Olahraga
Olahraga juga penting bagi tubuh anda, selain itu olah raga juga membuat tubuh anda lebih fit dan segar, hal ini juga akan mamacu otak anda membuat aktifitas-aktifitas yang baru.

Makan Makanan Sehat
Nah faktor makanan juga mempengaruhi perkembangan otak anda juga loh, makan makanan yang kaya akan vitamin seperti ikan, telur, susu dan sayur mayur tentunya akan membantu otak anda untuk bekerja secara maksimal, jadi masih ingin makan makanan yang tidak sehat lagi?

Dari beberapa uraian diatas, mungkin masih banyak lagi cara yang lain untuk meningkatkan daya ingat anda, seperti halnya terapi , sugesti dan lain lain, tetapi jika anda konsisten untuk mempraktekan hal hal diatas, kemungkinan besar anda akan cepat memiliki daya ingat dan daya tangkap yang tinggi.