About Us | Contact | Disclaimer | Privacy Policy | Sitemap

Rumus-Rumus Matematika Substitusi dan Eliminasi

Rumus-Rumus Matematika Lengkap , baiklah ada informasi mengenai Rumus Matematika dari mimin nih, buat anda yang sedang mencari Rumus-Rumus matematika untuk belajar, semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat ya , oya rumus ini saya ambil dari sumber terpercaaya yaitu id.wikipedia.org.


Rumus Subtitusi adalah rumus yang digunakan dalam ilmu Matematika untuk menyelesaikan suatu persoalan dengan cara menggabungkan persamaan-persamaan yang telah diketahui.

Biasanya sering kali ditemukan dalam pelajaran matematika. Rumus Substitusi ini terdapat dalam materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 
Contoh rumusnya adalah : 2x - 3y = 2, 5x + 2y = 24
Penyelesaian : 2x - 3y = 2, y = (2x - 2) : 3

Rumus Eliminasi
Rumus ini juga termasuk rumus yang terdapat pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel atau lebih singkatnya disebut dengan sebutan SPLDV. Rumus matematika ini lebih gampang cara penyelesaiannya dibandingkan dengan rumus substitusi yang berada di atas, karena caranya lebih singkat dibandingkan dengan rumus substitusi yang lebih panjang lagi.
Penyelesaian
2x - 3y = 2 . 2
4x - 10y= -8 -
4x - 6y = 4
4x - 10y= -8 -
4y = 4
 y= 1


Selain rumus substitusi dan rumus eliminasi dalam Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ini, ada juga rumus penyelesaian SPLDV yang lainnya, yaitu rumus grafika

Rumus grafika ini menggunakan himpunan penyelesaian dan memindahkan himpunan penyelesaian tersebut dalam sebuah grafik yang bernama diagram cartesius yang saat ini sering ditemukan dalam profit/bidang pekerjaan kantoran. Dalam memasukkan himpunan penyelesaian kepada diagram cartesius, angka pertama yang berada dalam himpunan penyelesaiannya harus dimasukkan dulu atau yang sering kita sebut absis (x) kemudian masukkan angka ordinat (y) ke diagram cartesius yang telah dibuat oleh penggaris.

Untuk Rumus laiinya yang terebut diatas, akan mimin bahas pada postiingan selanjutnya ya.